Luka Bakar Jangan Diolesi Odol Atau Minyak


Luka bakar bisa terjadi dimana saja mulai dari terciprat minyak goreng hingga tersiram air panas. Banyak yang memakai odol atau minyak untuk mengobatinya tapi ternyata cara itu salah. Bagaimana cara mengatasi luka bakar yang benar?

Kulit yang terkena luka bakar biasanya terasa panas dan seperti orang melepuh sehingga menimbulkan rasa tak nyaman di badan.

Masyarakat awam seringkali mengobati luka bakar dengan mengoleskan odol, margarin atau minyak. Padahal hal tersebut tak diperbolehkan, karena itu bukanlah pilihan yang benar.

“Saat tubuh terkena luka bakar, maka dengan sendirinya tubuh akan mengeluarkan cairan untuk mengobatinya,” ujar Elsya Ovihardini, Asisten Trainer Medic One dalam acara Live Saver CPR Competency di Wisma GKBI, Jakarta, Selasa(22/12/2009).

Elsya menambahkan saat terjadi luka bakar maka jaringan kulit akan rusak, pengobatan yang paling baik adalah cukup dialirkan dengan air saja.

“Jika diolesi dengan odol atau margarin maka bisa menutupi kulit dan menghambat cairan yang akan keluar dari dalam tubuh dan juga bisa menghambat petugas medis untuk mengobati,” tambahnya.

Bila luka bakar yang dihasilkan kecil misal hanya terciprat minyak goreng, maka setelah luka dibersihkan bisa diolesi dengan salep bakar disekitar kulit yang terbakar. Tapi jika lukanya besar misal tersiram air panas maka setelah dibersihkan harus dibawa kerumah sakit.

Sekali lagi, jika terjadi luka bakar hindari menggunakan odol atau margarin. Tapi cukup bersihkan dengan air mengalir saja.

copas from: detik health

~ by asri on December 23, 2009.

13 Responses to “Luka Bakar Jangan Diolesi Odol Atau Minyak”

  1. beuh, jd selama ini salah kaprah ya,hmm..

  2. selama ini saya pikir malah gak boleh dikasih air soale panas kena dingin jadi rusak, eh itu gigi ya?😆

  3. dlu kena knalpot diolesin odol sembuh.. apa cman perasan aja y😛

  4. kalau luka bakar emang ga boleh pake odol, makin sakitlah

    kalau luka kena air panas dan minyak, baru deh pake odol. hahaha

  5. Kalo aku biasanya dilumuri pake garam…
    Boleh gak nih?

  6. Thanks loads for show reasonably helpful informations. Your site is great.I am impressed by the information that you have on this blog. It shows how very effectively you realize this subject. Bookmarked this course of internet web page, will arrive again again for a lot more. You, my buddy, wonderful! I discovered simply the information I beforehand seemed for all over and just could not come across. What a very best web site. Just like this internet website your web site is one among my new favorite.I equivalent to this data proven and it has given me some type of motivation to have accomplishment for some cause, so keep up the beneficial work!

  7. Klo direndem aer bkn pke aer mengalir gmn?kmrin anak pgang gosokan buru2 lgsung celupin gayung aja biar adem jarinya skrg jd brisi cairan blm pecah msti diapain ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: