Bridging to The Comprehensive Multimedia Telecommunication Portal

Bridging to The Comprehensive Multimedia Telecommunication Portal
By. Risman Rais
Moderator. Erda Guslinar Perdana

Written by. Asri Anggraini W / 113088085 / IFX-32-01
untuk memenuhi tugas 3 Kapita Selekta

Telekomunikasi tidak hanya sekedar telepon saja. Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Komunikasi jarak jauh dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
– Komunikasi satu arah (simplex). Dalam komunikasi satu arah pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: pager, televisi, dan radio.
– Komunikasi dua arah (duplex). Dalam komunikasi dua arah pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: telepon dan VOIP.
– Komunikasi semi dua arah (half duplex). Dalam komunikasi semi dua arah pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh: handy talkie, FAX, dan chat room.
Sejak ditemukan oleh telepon oleh Alexander Graham Bell, telekomunikasi telah berkembang pesat, bahkan bisa jadi tercepat di antara system lain. Terutama setelah ditemukan transistor, Integrated Circuit (IC), sistem prosesor, dan sistem penyimpanan.
Peralatan telekomunikasi ada bermacam-macam, yaitu:
– Kabel telepon & Fax – Peralatan entertainment
– Seluler (3G, Wimax) – Radio
– Internet – Komputer
Peralatan mobile, seperti telepon seluler semakin berkembang. Kini, pengguna telepon seluler tidak hanya dapat memanfaatkan teleponnya untuk telepon atau mengirim SMS saja, namun sudah sangat berkembang. Seluler sudah layaknya kehidupan bagi pemiliknya. Dengan seluler dapat melakukan semua kepentingan hidupnya, misal: membuat data, mengirim data, browsing, chatting, dan social networking. Maka dengan ini, mobile semakin online. Dunia mobile dan internet beririsan, dan bahkan mungkin saja suatu saat nanti bias identik.
Keuntungan dari penggunaan peralatan mobile adalah:
1. Personal, dimiliki oleh seorang saja, sehingga privacy akan lebih terjaga.
2. Terkoneksi secara permanen.
3. Selalu dibawa, karena ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana saja oleh pemiliknya.
4. Built-in payment channel, sudah memiliki fasilitas micro payment pada seluler, misal: pembayaran rekening listrik/telepon dan internet banking.
5. Bentuk selular sesuai dengan perkembangan jaman.
6. Pangsa pasarnya banyak dan terbagi menjadi segmen-segmen, misal: seluler untuk eksekutif, seluler untuk anak muda, dan seluler untuk wanita.
7. Menangkap muatan-muatan sosial, yang dibutuhkan pemilik untuk berinteraksi sebagai makhluk sosial dengan manusia lain.

# Overview Multimedia Telecommunication Mobile #
Definisi dari telekomunikasi multimedia bergerak terbagi menjadi tiga hal, yaitu:
– Integrated Access
Merupakan cara pengaksesan menggunakan peralatan telekomunikasi, misal: landline, cellular, fax, dan internet.
– Integrated Content
Dasar dan muatan dari layanan-layanan telekomunikasi termasuk permainan dan hiburan.
– Integrated Service
Layanan telekomunikasi yang mencakup informasi, promosi, servis, perdagangan, dan komunitas.
Fungsi dari telekomunikasi multimedia bergerak, yaitu:
– Komunikasi dan informasi
– Membuat komunitas
– Customer care / layanan pelanggan
– Hiburan
Intinya adalah Brand Awareness > Taking Acquisition > Getting Revenue > Loyalty Customer

# Integrated Portal #
Dengan model pengaksesan 2G dan 3G:
– Web/Wap
– STK/UMB, yaitu menu terintegrasi dari simcard.
– OPD (on device portal), yaitu mengakses langsung dari telepon selular.
– SMS dan MMS
– Video streaming dan download (contoh: radio, video, televisi)
Isi dari portal, yaitu:
– Leisure & travel
– Music
– Movie
– Sport
– Kids/Female
– Otomotif
– Profesional
– Religi
– Comic
– Game
Servis yang ada di dalam portal:
– Menge-set servis-servis telekomunikasi, seperti: call forwarding, call bearing, call waiting, dan roaming.
– Informasi: berita, info, tips & trik
– Promosi: tariff promo, bundling (paket), tarif murah, promo blackberry
– Perdagangan: perdagangan kecil, (seperti: bunga, buku), m-ads (iklan mobile)

Untuk mengerjakan semua fasilitas-fasilitas dalam portal maka dibutuhkan sumber daya yang tidak sedikit, namun sumber daya ini dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu internal dan eksternal.
Pihak internal yaitu tim dari penyedia portal. Pihak eksternal terdiri dari berbagai pihak, misalnya: pihak yang bekerjasama dengan penyedia portal, pemasang iklan, bahkan pelanggan.
Pengguna portal terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
– Standard User
– Member User
– Payable User (VVIP)
Strategi promosi pada portal terbagi menjadi dua jenis, yaitu: pemasaran secara digital dan pemasaran secara konvensional.
Pemasaran secara digital, melalui: Online Banner Ad, Footer free SMS & MMS, Newsletter, Social networking, dan Guerilla campaign.
Pemasaran secara konvensional, melalui: tenaga pemasaran, penyebaran pamflet, mulut-ke-mulut, dan lain-lain.

~ by asri on March 27, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: