RPL OOT : Java Basics

Postingan kedua tentang kuliah.
Masih reading assignment, tentang Java Basics, pada intinya sih untuk mengerti konsep-konsep pemrograman berbasis objek.

Java Basics
By. Asri Anggraini W / 113088085 / Institut Teknologi Telkom Bandung

#Methods#
Pernyataan-pernyataan dalam Java dikelompokkan dalam sebuah method. Method berada di dalam kelas.
Tiap method memiliki nama, diawali dengan huruf kecil dan biasanya merupakan kata kerja karena method melakukan sesuatu.
•    Call
Ketika suatu method dipanggil pada program, program tersebut mengingat dimana lokasinya dan memanggil method tersebut. Setelah sesuai dengan inisialisasi, pernyataan-pernyataan pada method mulai dieksekusi.
•    Return
Ketika akhir dari method sudah tercapai atau pernyataan “return” dipanggil, method tersebut kembali ke lokasi dimana ia dipanggil, dan eksekusi berlanjut dalam memanggil method dari titik tersebut. Sebuah method mungkin mengembalikan nilai, mungkin tidak.

Static (class) methods
•    Static
Diawali dengan static (disebut juga class) method karena semua aplikasi dimulai dengan static method main, dan banyak library yang dipergunakan adalah static method. Static method berbeda dengan instance method, karena static method tidak memiliki objek ekstra untuk dilewatkan.
•    Instance
Instance method berasosiasi dengan sebuah objek (instan dari sebuah kelas).

Nilai yang dilewatkan oleh method disebut argumen aktual dalam spesifikasi Java. Walaupun begitu, sudah sangat biasa disebut argumen, parameter aktual, atau hanya parameter saja. Term ini sering membingungkan sehingga menyebabkan ketidakkonsistenan. Untuk nilai yang dilewatkan dalam pemanggilan (call) lebih baik disebut argumen aktual atau hanya argumen yang merupakan pilihan kata terbaik.

Argumen aktual berada di dalam tanda kurung di belakang nama method. Gunakan koma untuk memisahkan argumen jika lebih dari satu.

Jika method memiliki efek, tetapi tidak menghasilkan nilai, disebut void method.

Mendefinisikan method:
•    methodHeader         : [visibility][“static”]returnType methodName”(“[parameterList]”)”
•    visibility             : “public”|”private”|”protected”
•    parameterList        : parameterDeclaration {“,”parameterList}
•    parameterDeclaration    : type ParameterName
•    returnType            : “void”|type

#OOP#
•    Konsep-konsep OOP (Object Oriented Programming)

Class = data + methods

•    Sejarah perkembangan
Kelas juga dapat digunakan untuk menyimpan data. Sebelumnya, bahasa pemrograman memiliki sesuatu untuk mengelompokkan data yang mirip dengan kelas, yaitu: struct atau record. Struct/record hanya menyimpan data.
•    Model masalah kelas
Salah satu keuntungan enkapsulasi data dan method dalam kelas adalah untuk membuat pemrograman objek yang merefleksikan objek pada domain masalah. Jika permasalahan anda seputar order dan produk, maka sebaiknya anda memiliki kelas bernama Order dan Product.
•    Mengurangi kompleksitas kelas
Keuntungan yang lain dari kelas yaitu mengurangi kompleksitas. Kompleksitas membatasi ukuran dan tanggung jawab program. Kompleksitas berkurang dengan mengurangi kohesi (meletakkan sesuatu bersamaan yang termasuk persamaan) dan mengurangi coupling (interkoneksi).
•    Class, objek, OOP
Kata “class” secara universal diadopsi untuk struktur bahasa pemrograman yang mengkombinasikan data dan method. Objek digunakan untuk tiap instan kelas yang dibuat, dan praktik yang menggunakan ide ini disebut OOP (object oriented programming); pemrograman berbasis objek.
•    Kelas menyimpan atribut (data) dari sesuatu
Kelas merupakan sebuah tipe: kata kerja, objek bisnis, mendeklarasikan variabel objek bisnis.
Kelas adalah template yang mendefinisikan atribut apa yang dapat dimiliki objek. Kita dapat membuat sati definisi kelas, dan membuat objek dari kelas menggunakan keyword “new”.
•    Tambahkan konstruktor untuk inisialisasi yang lebih baik.

–    Hindari inisialisasi yang buruk
–    Kenyamanan. Mendefinisikan sebuah konstruktor menjadikan pembuatan sebuah objek lebih mudah ditulis.

•    Sintaks konstruktor
Konstruktor mirip dengan method, memiliki parameter dan nilai kembalian. Tetapi konstruktor harus memiliki nama yang sama dengan kelasnya. Juga, tulisan dan nilai kembalian secara eksplisit.
•    Overloading constructor
Yaitu mendefinisikan beberapa konstruktor yang berbeda pada jumlah dan/atau tipe parameter.
•    Memanggil satu konstruktor dari tempat lain menggunakan “this(…)”
Selain memanggil konstruktor dengan nama kelas, dapat dengan keyword “this”. Compiler mencocokkan “this” dengan sebuah konstruktor yang memiliki kesamaan jumlah dan tipe parameter, dan memanggilnya.
Kata “this” harus berada di baris pertama dari konstruktor.
•    “toString” instance method
Method yang paling sering digunakan adalah toString, yang mengembalikan representasi string dari sebuah objek. Hal ini juga dapat digunakan untuk menampilkan nilai dari sebuah objek baik untuk debug atau untuk console IO.

#GUI#

gui

Sumber : http://www.leepoint.net/JavaBasics/index.html

~ by asri on December 12, 2008.

13 Responses to “RPL OOT : Java Basics”

  1. pertamax..
    maksih ilmunya,,kebetulan lgi belajar java..

    Asri said:
    hihihi, iya, sama-sama.
    ni tgs RPL OOT, mw dsimpen aja, skalian d share
    ada ptnyaan ttg OOP with Java dpersilahkan…😉

    eh, asr taroh km d blogroll yah

  2. wah… asri hebat!!🙂

    Asri said:
    heu? dmn hebatnya? *jd malu*

  3. wah hebat-hebat… kupasan yang hebat… sayang aku tidak memahami hiks…
    |setmode: kagum|

    salam kenal
    http://danieldamar.co.cc

  4. wah aku juga makasih lagi belajar juga ni

    Asri said:
    sama-sama…🙂

  5. ijin ngopi lagi.. makasih.. makasih.. ^:)^😀

    Asri said:
    silakan silakan…
    *rame gini, senangnya…😀

  6. hemm..hebat2..!!! teruskan mba..!! hidup java..merdeka..!!!😀

    Asri said:
    halah

    hidup jg deh!😀

  7. mantaf!!
    udah lama ga maen blognya asri .. hhha

    Asri said:
    iya nih, kmana aja…😀

  8. keknya aq mw fokus dulu ama subject-ku yakni Instrumentasi Telekomunikasi.

    Mungkin klo ada masalah terkait dgn Java/C/C++/Delphi aq akan meminta bantuan Asri.

    Asri said:
    okay…
    gut lak

    smoga asr bs membantu ktika dbutuhkan😀

  9. halo asri.. kunjungan balik nih hehehe

    Asri said:
    halo indri😀
    makasih atas kunjungannya😉

  10. RPL ya… seinget sayah dolo sayah dapet B beruntung… bates minimal nilai B 68, nilai sayah 69….

    Ujiannya mengarang bebas… huahuahuahuahuahua

    nda mau deket2 ama itu RPL lagih… 3 SKS SOALNYAH…

    Asri said:
    wew, hebat jg tuh dpt B, btw kuliah dmn dulu emg?😀

  11. wew… postingannya ngingetin satu hal tentang saya: ternyata saya ini anak IF ya🙂

    tapi kok saya ora mudheng bacanya

    Asri said:
    wew, ini teh Java Basics, d OOP ada, OOT jg ada, kmana aja nih kk😛

  12. bused… dulu kuliah dmn… ene jugak masih kuliah… RPL khan ada di smt 6 sayah… skarang sayah semester 7, cuman aslinya antah berantah huahuahuahauhauhauh:mrgreen:

    Asri said:
    ohhh, blm lulus toh
    kuliah dmn sih?

  13. mantab sekali .. btw masih di kampus juga neh? kekeke

    mas hendra@2000 .. tetangga kos sebelah kamar

    Asri said:
    iya neh, jd mhsw baru lagi😉

    emg kos dimanah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: