A Tribute To My GrandMa

ehe, bonus 1 postingan deh
biyar nda lupa moeloe…

bnrnya dah lama bet mw posting inih, tp lupa mulu
dah smpt bkin draft, tp ntah kmana gt

*WARNING, postingan ini akan sangat panjang, dan bnr2 curhatan hatiku ttg eyangku… hanya bwt yg pgn tw sadjah… hehe*

=====================
bulan april, bulan yg berat bwtku… pdhl d bulan itu lah aku milad… tp cobaan berat dtg d kala itu…
singkatnya aku sakit, drawat d RS slma bbrp hr, kmd ak dbawa k Jkt bwt menenangkan diri…
trus bbrp hr d Jkt ak minta plg Bdg, krn ak hrs cpt2 bangkit, ak hrs mengerjakan PA(Proyek Akhir… wuaaa sebut 2 hrf sakral deh)
tp ak tinggal d Bdg dtemnin bude, huhuhu, biyar ngejagain ak ktnya -_________-
ptmanya siy males bgt, smpe mohon2 k ortu, tp tetep ga dkasi, hrs dtmnin, tp ntar2nya ak mala ksenengn djagain, heuheu

blm sepekan ak d Bdg hbs sakit, br sekali ak bimbingan ma dosen, ak dpt telp dr sodara Jkt, eyang sakit
*deg* ak lgsg berasa ga enak, eyangku yg sgt kusayang, sakit knp? duhhh jd merasa bersalah, jgn2 krn kmrn ak sakit beliau jd mikirin aku… *GR :P*
aku lgsg telpon rmh,,, kt bude d rmh “ah nda pa2, itu bpk km, eyang cm masuk angin telp Jkt sgala, jd pd panik kan”
wufh, lega…
tp sodara Jkt tilpun2 mulu, ktnya mrk pd mw balek Pwrj, trus bude yg nemenn ak mw diajak jg, ak yg sedianya mw ada IT/AT (training keorganisasian gt deh) d kampuz, nda jd brgkt… nunggu telpon2 dr Jkt
kt ortu Pwrj, yawda klo bude dsna mw pulang nda pa2, km ntar aja, klo eyang sakitnya parah br pulang…
bude yg nemenn ak smpe nangis gt dgr eyang sakit, ak blg “ga mw ah, ntar klo eyang knp2 tp ak ga ada dsna kan ak nyesel bgt, ak mw ikut pulang!”
ya sud, akhirnya sodara2 dr Jkt pulang nyamper kami d Bdg, kami nunggu d pintu tol Buah Batu gt, jm 5an mrk br dtg…
dah gt pake acara nyasar pula d Sumedangnya, huhuhu, ak yg biyasa naek travel ga ngerasa biasa lwt sini, ah ya tp biarlah
dini hr jm 2 atw 3 ya, br nyampe Pwrj, lgsg ktmu eyang… huhuhu… eyangku sudah tidak berdaya, tidak bisa blg apa2… hmmm bisa sih kdg2, itu jg dkit…

sodara2 dr Jkt 3 hr d Pwrj, habis itu mrk pulang Jkt, ak & bude dsuruh balek Bdg sendiri, krn mrk lwt jalur utara, huhuhu kedjam
tp ma ortu dblg, ntar dl deh km pulangnya, klo habis sminggu dsni br balik Bdg lg… oya pakde yg dr Madiun jg ada dink, dan beliau jg blm balik

hmm ak balek mlm Minggu, Rabu sodara Jkt dah blk lg Jkt, eyang nangis loh wktu yg dr Jkt balek lg, hmm tp emg dah biasa dink klo pasti nangis klo hbs kmpl2 gt

btw, sakit eyang ga sekedar masuk angin dink,… beliau sudah tua sih, udh 80an gt…

Kamis, eyang *mnrt kami smw yg ada dsitu* sakaratul maut, huhuhu, sedih sekali, bnr2 kasian ngelihatnya… orang2 udh berdatangan k rmh kami…
melihat keadaan eyang yg spt itu, org2 berinisiatif membacakan surat Yasin
ajaib, selesai itu, eyang sudah tidak sakaratul maut, badannya kembali anget, normal
*fiuh* kami smw bingung, bingung mengungkapkan perasaan apa yg ada d hati kami…
tp bnr deh, keadaan eyang saat itu bnr2 memprihatinkan… pasti sakit bgt tuh…
*oya, nda ada fotonya yah, gila aja smpt foto2 dlm keadaan kyk gt*

tnyata slma eyang kyk gt *ada lah klo 2 jam* ada sodara yg telp k Jkt
dan ya bnr skali, sodara2 Jkt balek lg k Pwrj, hehe, br jg sehari dsna…

dan, stlh bbrp hr, bbrp sodara Jkt *yg bpk2* mw pulang lg k Jkt, krn kondisi eyang bgitu2 saja, mksdnya ya sptnya nda pa2 kok, dan mrk hr kembali krn ya kerja lah…
itu hr Minggu, 4 Mei, bbrp yg balik k Jkt, tp mrk k Temanggung dl, br k Jkt

oh iya, eyang itu wktu kami pulang yg kloter ptama, halah, dpanggilkan dokter, trus d infus…
tp hny bertahan bbrp hr, krn infus nda bs masuk, jd nda habis2, ktnya sih krn jantungnya dah lemah, jd nda kuat utk memompa cairan itu… huhuhu

Tgl 4 Mei, ak dan bude jaga eyang, jaga mlm, ak yg blm tidur sm skali merasa ngantuk bgt…
sm bude dsuruh tdur dl, trus ak seret2 kursi k kmr eyang,,, ak mw tdur dsna,,, tp… uhhh nda bs tdur…
sm bude dblg, udh sna tdur sblh eyang aja
ak jwb smbil bcanda tentunya, ga mw ah, takut malaikatnya salah cabut, hehe, bcanda sodara2 ;p

trus ada sodara yg bangun, sm bude ak dtmnin tdur d kamarku… hihihi

tgl 5 Mei, subuh, jm5 kurang dikit… bude Pwrj *ni beda ma bude yg td, bude yg td itu yg nemenn ak d Bdg*
bude : “Acik, bgn… sholat subuh” –> panggilanku d rmh itu Acik
ak : “Hmmm” –> biyasa, males taraph tinggi klo lg d rmh ;p
bude : “Eh ayo bangun, itu eyang dituntun, eyang sakaratul maut”
ak : *tbangun tanpa ber-hmm hmm lg* ” Hah! ”
ak sung meluncur k kmr eyang, dsna bkumpul putri2 eyang smbil berdoa mnrt keyakinan mrk, ak sung loncat2 k sblh eyang, ma bude yg td bangunn, menuntun eyang bwt mengucap syahadat…

Iqomah dr masjid sblh, eyang bnr2 meninggalkan kami semua… *bnr2 pas iqomah*

Innalillahi wa inna Illaihi roji’un…

stlh itu ak sholat subuh…

smw berduka cita…

eniwei, tgl 5 Mei itu ulang tahunnya bude-ku yg nemenn aku, dan kami pun stlh eyang mninggal itu, smpt mengucapkan selamat… hehe

sodara2 yg lg dlm perjalann k Jkt, mrk blm sampai Jkt, br d tol cikampek, lgsg putar balik arah, kembali k rmh…

Ba’da dzuhur, eyang menuju peristirahatannya yg terakhir…

Eyang, kami smw sayang eyang…
smoga arwah eyang diterima di sisi ALLAH, diampuni sgala dosa2nya…
dan mdpt tempat terbaik dsna…

amin…

=============================================

aku bersyukur, ak maksa ikut pulang, shg ak masi bisa menemani hr2 eyang yg terakhir, begadang demi jagain eyang…
ptama liat aku waktu pulang, tatapan mata eyang menyiratkan tanda tanya, apakah eyang pgn tanya, bagaimana dg itu? eyang tidak perlu khawatir, aku pasti akan menemukan yg lebih baik dr dia eyang… *tp knp wktu itu ga aku utarakan ya?* ah, eyang pasti tw kok…🙂
u know, kt ortu, wktu ak sakit, eyang sbnrnya ga dkasi tw, tp dr telp2 yg berdering dy pasti tw, dan sedihnya… eyang ga mw masuk kamar, berada d sblh telpon, mnunggu kbr ttg aku…
bgitu dkasi tw, ak udh sembuh, skrg d Jkt, eyang br mw masuk kamar…
:((
eyang bgitu sayang pdku… dan aku pun sangat sayang pd eyang…
aku akan selalu mendoakan eyang…

eyangku yg kuat… eyang, aku bahagia bs menemani saat2 terakhir eyang… aku bahagia skali ktika eyang mw ktika aku tanyain, eyang sholat yuk, dan hr2 terakhir itu, eyang dtuntun putra-putri-dan aku yg muslim scra bgantian utk sholat…

smoga eyang khusnul khotimah…

amin…
==================================================

semenjak 3 hr eyang, ak blm plg lg k Pwrj, hikz,,,
ak akan pulang ptghn agustus ntar, huhuhu, sedih rasanya ketika ak plg k rmh, tidak ada eyang lg…

bahagialah d alam sana eyang… kami semua merindukanmu, sayang padamu, dan akan selalu mendoakanmu

tgl 11 Agustus ini, adalah 100 harinya eyang
*orang jawa gt loh yg ada 3 hr, 7hr, 40hr, 100hr, 1thn, 2thn, dan 1000hr*

specially designed by me for my grandma

specially designed by me for my grandma

~ by asri on August 2, 2008.

15 Responses to “A Tribute To My GrandMa”

  1. nice story🙂

    Asri said:
    ehe, dbaca kek?
    btw, ini kisah nyata…

  2. hiks.. turut berduka cita..

    Asri said:
    makasih🙂

  3. Baca ceritamu sri, ak jadi ingat almarhum kakek ku.. Saat dy menghembuskan nafas terakhir, ak ngga ada d sampingnya, bahkan dikasih kabar aja ngga sm orang tuaku, waktu itu ak emg lg UAS jd mgkn ibu bapak ga mau ak ngga konsen. Hiks… kakek……😥

    Asri said:
    wuaaaa sedihnya… untungnya ak bs nemenn saat2 trakhir eyangku yah…
    ini kan eyang yg paling dkt ma ak… ak tinggal 1 rmh ma beliau…

  4. anyway, ganteng jg gravatarku.. hehe😀

    Asri said:
    aih,,, hattrick
    dah gt komen yg k3 narzis bgt😛
    ganteng klo ga dliat😛

  5. aq juga turut berduka cita atas meninggalnya eyang putri-mu…

    Ehmmmm…. kayaknya kamu memiliki bakat untuk menjadi novelis.
    Dengan sedikit melatih gaya penyampain dan memberi bumbu-bumbu dalam narasi insya4W1 akan membuat cerita-mu lebih menarik lagi.

    http://faviandewanta.wordpress.com

  6. ^terima kasih favian… atas ucapannya

    waduh, ini bukan novel, ini kisah nyata…
    nda ada bumbu2 d critanya… bnr2 dketik ssuai pikiran *yg draft wktu itu sih dah dkonsep, tp ilang, hikz*

    hmm, btw dl wktu kecil asr emg srg nulis cerpen sih, hihihi
    *skrg dah khilangan bakat tp*

    yg ini cm curhatan, dan kenang2an aja bwt eyang…

  7. moga Eyang Putri Asri mendapat tempat terbaik disisiNYA..:)
    Btw.. usia Eyang Asri saat meninggal itu brp?

  8. ^aminnn
    makasih ya🙂

    hmmm 2008-1926 = 82 tahun

  9. sama2 ri.. waw..82 tahun.. usiaku smpe segitu ga ya? *hanya DIA yg tau*:(

    Asri said:
    *heu, udh login wp lg*
    usia qt hny ALLAH yg tw, mknya qt hrs bbwt sbaik mgkn, seolah2 qt mati esok, krn emg qt nda tw, smpe kpn qt hidup

  10. turut berdukacita yah…
    btw, saya juga punya cerita sedih…namun yg ini 17 tahun…
    http://wijooyoo.blogspot.com/2008/06/perjuangan-melawan-ganasnya-kanker.html

    eniwei, salam kenal yah🙂

    Asri said:
    terima kasih…
    salam kenal balik ^^

    ya ntar sy blogwalking balik ksna🙂

  11. turut berduka cita…
    semoga arwah Eyang Putri selalu diterima di sisi Allah SWT…
    Amin…

    Asri said:
    amin…
    makasih.

  12. ehm…ehm…😀

    kemaren wktu aku di plk neneku juga meninggal. untung waktu itu pas lg ngerjain kerjaan di palngkaraya, jd sempat sholatin sama ikut ngubur.

  13. ^apaan coba mlh ehm ehm, bukannya ngucapin duka cita kek -____-;

    wogh, kyknya kk ga crita deh,… jd br tw…
    turut berduka cita bwt eyang kk, smoga arwahnya dtrima dsisi Allah
    bukannya nenek d Banjarmasin? *apa Samarinda ya, lupa, he*

  14. kan turut berdukanya udah via sms…

    nenekku yg di palangkaraya…

    Asri said:
    iya deh
    owww, ada jg ya yg d palangkaraya
    baru tw, he… maafkan…🙂

  15. […] kali ini di rumah sepiw sangat dah nda ada eyang, hikz, lebaran pertama tanpa eyang… kangen… :(( sodara² jg nda pada dateng, dah nda […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: